Laman

Senin, 21 Desember 2015

Taqdir Allah yang mempertemukan 2 sahabat lama....

السلام عليكم و رحمة الله و ب ركاته

Alhamdulillah washsholatu ala rosulillah…

            Ba’da Dzuhur hari ini.. ketemu tamu istimewa… teman lama yang sudah lama kurang lebih 5 tahun g pernah ketemu… semenjak aku SMK… namanya CEVIN A.S.  atau panggilannya Chen – Chen… MasyaAllah Taqdir Allah yang mempertemukan kita di waktu yang telah ditentukan Allah.. di ruang tamu aku  yang sederhana…
Ini kisahny….
            Waktu pulang dari masjid ba’da dzuhur..(10 robi’ul awwal 1437) tiba2 aku di kagetkan dengan seorang yang wajahnya sama seperti 5 tahun lalu,hanya badan yang tambah besar dan tinggi.. dengan penampilannya yang rapi  dan cool, dengan mobilnya yang MasyaAllah…sedangkan aku penampilan yang sederhana dengan surban dan sarung.. dari masjid pake sepeda motor yang sederhana…
            Akhirnya kita masuk di ruang tamu.. dan nostalgia sebentar… dahulu waktu smp, aku dan Chen – Chen adalah teman satu tim.. tim permainan game computer yang sampai sekarang masih hits, yakni DOTA… satu tim kita berlima, dengan Sebastian, Tanto, dan Bokay…  Semenjak kelas 3 smp aku mulai melepaskan diri dari tim.. krn aku bimbang dan ingin mencari hakikat hidup ini… aku berlari menjadi anak Band sambil mencari agama yang benar… Chen – Chen sekarang masih kuliah di Australia…sedangkan aku hanya penjahit dan  juga penghafal qur’an yang lulusnya pun tidak dapat dibanggakan didepan manusia apalagi mendapatkan gelar…
            Singkat waktu setelah kita basa basi, Chen – Chen memulai gerbang dialog yang singkat namun indah…

Chen – Chen     : Ren, Sejak kapan kon berubah keyakinan ?
Rendra              : Hehe… Alhamdulillah sejak masuk SMK.. aku pindah setelah mengalami perjalanan pencarian jati diri yang panjang.
Chen – Chen     : Iya.. crita o…
Rendra              : Singkatnya begini.. aku mengembara keliling dialog dengan pendeta – pendeta… tentang keyakinan Kristen ini… aku tanyakan ratusan pertanyaan .. yang mereka para pendeta itupun bingung, aku dapat dari mana dan kenapa aku bisa berpikir dan menemukan ayat – ayat dan pertanyaan itu.. karena memang tidak bisa disembunyikan bahwa tidak ada satupun orang Kristen yang aku tahu bisa menghafal BIBLE… setelah mentok dan yakin bahwa Kristen ini salah… aku mencari agama yang lebih benar dari Kristen.. dan sampailah aku kepada ISLAM.
Chen – Chen     : Opo salah satu contohnya yang pendeta – pendeta itu g bisa menjawab?
Rendra              : Sabar aku ambilkan BIBLE …..
(Setelah mengambil )
Rendra              : ini contoh beberapa ayat ..

                          12:39 Tetapi jawab-Nya kepada mereka: "Angkatan yang jahat dan tidak setia ini menuntut suatu tanda. Tetapi kepada mereka tidak akan diberikan tanda selain tanda nabi Yunus.   12:40 Sebab seperti Yunus  tinggal di dalam perut ikan tiga hari tiga malam, demikian juga Anak Manusia  akan tinggal di dalam rahim bumi  tiga hari tiga malam. (Matius 12 : 39-40)

                          Masih inget ceritaYesus disalib dan dibangkitkan ? Coba kita hitung bareng – bareng.. Jumat malam, Sabtu pagi, Sabtu Malam, Minggu pagi sudah g ada di kuburan.. berapa hari?
Chen – Chen     : Berarti 3 hari 2 malam..
Rendra              :Ya bener sudah… gimana ramalan Yesus sendiri tidak terbukti…Bagaimana mungkin Tuhan Salah… ya pertanyaan seperti ini yang g bisa dijawab para pendeta waktu itu.. ok next ayat …tentang silsilah yesus… Di Matius yg awal sama Lukas 3 .. kita hitung dan lihat beda dan jelas kontradiksi… di Matius dari Daud ke Yusuf itu 26 orang, yang di Lukas 41 orang smpai ke Yusuf.. next…

                          Dan Tuhan menyesal karena malapetaka yang dirancang-Nya atas umat-Nya (Keluaran 32 : 14)
                          Dan Tuhan menyesal karena IA mnejadikan Saul raja atas Israel (1 Samuel 15 : 35)

                          Bagaimana Tuhan bisa menyesal??? Berarti dia berbuat salah
                          [ sedangkan dalam al-Qur’an Toha surat 20 ayat 52 : “  Tuhanku  tidak akan salah ataupun lupa “
لا يضلّ ربّي و لا ينسِى
                                    ]
                          Next ..  masih inget 10 perintah Tuhan?? 10 commandments? Inget perintah yang awal?
Chen – Chen     : Iya…
Rendra              : kita baca…
                           20:3 Jangan ada padamu Allah lain di hadapan-Ku   20:4 Jangan membuat bagimu patung  yang menyerupai apapun yang ada di langit di atas, atau yang ada di bumi di bawah, atau yang ada di dalam air di bawah bumi. 20:5 Jangan sujud menyembah kepadanya atau beribadah kepadanya, sebab Aku, TUHAN, Allahmu, adalah Allah yang cemburu,…(Keluaran 20 : 3 – 5)
                         
                          Lihat bagaiman mereka bisa buat patung segitu Yesus disalib.. bukankah ini menyalahi perintah  kitabnya sendiri… g boleh patung, gambar.. Sebab – Sebab ini yang membuat para pendeta waktu itu g bisa jawab…
Chen – Chen     : iya bener.. masak mereka g ada pembelaan???
Rendra              : Ada.. tapi sebelumnya aku omongin dulu.. karena tadi lupa.. bahwa tidak ada satupun dalil atau ayat dalam 4 kitab, yakni Matius, Markus, Lukas, Yohanes.. bahwa Yesus mengatakan “Aku Tuhan” atau “Sembahlah Aku”… 4 kitab ini yang menceritakan kehidupan Yesus .. tapi g ada … bahkan Yesus mengatakan sebaliknya… suruh menyembah Allah di bible..
                          Markus 12 : 29 “ Dengarlah Wahai Israil! Tuhan Allah kita, Tuhan yang Satu”

                          Ya mereka membela bahwa mungkin ini kesalah cetak salah terjemah dan lain – lain…setelah itu aku jawab ke mereka para pendeta itu bahwa Yesus diangkat jadi Tuhan di Consili Nicea tahun 325 M, 300 tahun setelah Yesus g ada di dunia.. dan mereka membenarkan.. bahkan ada yang ngomong karena aku desak terus.. bahwa memang yang mengangkat Yesus jadi Tuhan itu manusia…ya udah. Setelah itu aku tinggal agama Kristn ini.. karena aku anggap tidak benar…lalu aku lihat orang Hindu.. di Hindu g semua orang boleh membaca kitabnya, hanya orang dengan kasta tinggi yang boleh baca kitab.. aku langsung pikir agama aneh ini.. berarti bukan untuk seluruh manusia..
Chen – Chen     : Klo Budha gimana?
Rendra              : sama mirip Hindu hobi patung.. di kitabnya ya.. tentang kebajikan aja.. klo masalah kebajikan hamper semua sama, tapi bedanya di ISLAM  hukumannya di kasih solusi termasuk pencegahannya.. contohnya aja tentang orang yang membunuh bisa bayar diyat atau balas dibunuh.. semua ada aturannya dalam ISLAM… gini Chen, Agama benar atau tidak klo bisa jangan lihat orangnya.. tapi lihat kitabnya bener Kitab Suci bukan??? Contoh di Indonesia mayoritas Islam terus banyak yang jadi pelaku criminal apa yang salah Islamnya??? Coba lihat di Ausie, Amerika yang banyak jadi pelaku criminal siapa??? Apa orang Islam??? Jelas bukan… maka dari itu  zaman sekarang kita lihat kitabnya… klo di Islam mau contoh perilaku terbaik orang Muslim lihat Nabi Muhammad shalallahu alaihi wa sallam dan para shahabatnya..
                          Di Semua kitab suci rata2 ngomong klo Tuhan itu Satu… Klo di Islam ada Ayat test/ ujian
قل هو الله أحد , الله الصمد , لم يلد و لم يولد , و لم يكن له كفوا أحد
                           
1. Katakanlah: "Dia-lah Allah, yang Maha Esa.
2. Allah adalah Tuhan yang bergantung kepada-Nya segala sesuatu.
3. Dia tiada beranak dan tidak pula diperanakkan,
4. dan tidak ada seorangpun yang setara dengan Dia."
Surat Al – Ikhlash (112) ayat 1 - 4

                          Selama masih bisa dinalar atau dibayangkan itu bukan Tuhan, tapi ciptaan .. G ada yang bisa menyamai Tuhan itu… semua cipataan tidak bisa jadi pencipta…
                          Dan lagi seandainya semua kitab suci itu dibakar… hanya orang Islam yang bisa menulis ulang Al-Qur’an itu insyaAllah.. ya itu yang meyakinkan aku bahwa Qur’an itu benar – benar kitab suci..yang lain bukan..
(kemudia ada tamu lain datang – mengganggu)
Chen – Chen     : Terus bagaimana teman – teman yang lain?
Rendra              : Teman smp yang mau sama aku setelah aku masih Islam cuman bbrp Chen.. Alhamdulillah gpp.. dan gak masalah…cuman kamu (Chen – Chen), Djemba, Wimpi.. sudah itu aja.. yang lain takut dll, aku juga gak tau kenapa mereka takut – takut sendiri.. padahal aku g pernah maksa mereka ikut aku masuk Islam..
Chen – Chen     : Iya, Keyakinan kan kebebasan tiap orang dan gak bisa dipaksa…kamu ikut NU atau Muhammadiyah???
Rendra              : dalam Islam g boleh kelompok – kelompok gitu aku berlepas diri dari kelompok – kelompok itu…
Chen – Chen     : yang penting jangan ikut aliran sesat kayak Syiah atau ISIS lho ya…
Rendra              : iya tenang ae.. aku ikut yang ISLAM. Beneran semua ada dalil qur’an dan sunnah nya insyaAllah… [hebat masyaAllah.. Chen – Chen yang masih Kristen aja tau klo Syiah dan ISIS itu sesat.. padahal dari Australia ini]
Chen  - Chen    : Ya Udah.. aku balik dulu karena masih ada urusan kapan2 kita ngobrol lagi..
……………………………..


Perlu antum semua  ketahui bahwa Chen – Chen dari keluarga bukan Kristen, yakni Budha dan Kong hu cu bisa dibilang begitu… Chen – Chen sama seperti aku dulu masuk Kristen karena sekolah di sekolah Kristen yakni Petra… dan teman – teman kita Kristen semua.. jadi karena lingkungan.. dan sungguh berat klo mau keluar dari Kristen karena gengsi dan lain – lain…
Karena qodarullah keterbatasan waktu sebenarnya masih banyak dalil yang ingin aku ceritakan kepada sahabat kecilku Chen – Chen ini… Semoga Allah Azza wa Jalla memberinya Hidayah Islam… sungguh hidayah Islam adalah Harta yang termahal di dunia ini…


Pesan ku untuk  Sahabat – ku Chen – Chen (Smoga Allah memberimu hidayah): Qur’an Surat Al- Maidah ayat 82 - 86

82.  لَتَجِدَنَّ أَشَدَّ النَّاسِ عَدَاوَةً لِلَّذِينَ آمَنُوا الْيَهُودَ وَالَّذِينَ أَشْرَكُوا وَلَتَجِدَنَّ أَقْرَبَهُمْ مَوَدَّةً لِلَّذِينَ آمَنُوا الَّذِينَ قَالُوا إِنَّا نَصَارَى ذَلِكَ بِأَنَّ مِنْهُمْ قِسِّيسِينَ وَرُهْبَانًا وَأَنَّهُمْ لا يَسْتَكْبِرُونَ
Sesungguhnya kamu dapati orang-orang yang paling keras permusuhannya terhadap orang-orang yang beriman ialah orang-orang Yahudi dan orang-orang musyrik. Dan sesungguhnya kamu dapati yang paling dekat persabahatannya dengan orang-orang yang beriman ialah orang-orang yang berkata: "Sesungguhnya kami ini orang Nasrani". Yang demikian itu disebabkan karena di antara mereka itu (orang-orang Nasrani) terdapat pendeta-pendeta dan rahib-rahib, (juga) karena sesungguhnya mereka tidak menyombongkan diri.

83. وَإِذَا سَمِعُوا مَا أُنْزِلَ إِلَى الرَّسُولِ تَرَى أَعْيُنَهُمْ تَفِيضُ مِنَ الدَّمْعِ مِمَّا عَرَفُوا مِنَ الْحَقِّ يَقُولُونَ رَبَّنَا آمَنَّا فَاكْتُبْنَا مَعَ الشَّاهِدِينَ
Dan apabila mereka mendengarkan apa yang diturunkan kepada Rasul (Muhammad), kamu melihat mata mereka mencucurkan air mata disebabkan kebenaran (Al Qur'an) yang telah mereka ketahui (dari kitab-kitab mereka sendiri); seraya berkata: "Ya Tuhan kami, kami telah beriman, maka catatlah kami bersama orang-orang yang menjadi saksi (atas kebenaran Al Qur'an dan kenabian Muhammad saw.)

84. وَمَا لَنَا لا نُؤْمِنُ بِاللَّهِ وَمَا جَاءَنَا مِنَ الْحَقِّ وَنَطْمَعُ أَنْ يُدْخِلَنَا رَبُّنَا مَعَ الْقَوْمِ الصَّالِحِينَ 
Mengapa kami tidak akan beriman kepada Allah dan kepada kebenaran yang datang kepada kami, padahal kami sangat ingin agar Tuhan kami memasukkan kami ke dalam golongan orang-orang yang saleh?"

85. فَأَثَابَهُمُ اللَّهُ بِمَا قَالُوا جَنَّاتٍ تَجْرِي مِنْ تَحْتِهَا الأنْهَارُ خَالِدِينَ فِيهَا وَذَلِكَ جَزَاءُ الْمُحْسِنِينَ 
Maka Allah memberi mereka pahala terhadap perkataan yang mereka ucapkan, (yaitu) surga yang mengalir sungai-sungai di dalamnya, sedang mereka kekal di dalamnya. Dan itulah balasan (bagi) orang-orang yang berbuat kebaikan (yang ikhlas keimanannya).

86. وَالَّذِينَ كَفَرُوا وَكَذَّبُوا بِآيَاتِنَا أُولَئِكَ أَصْحَابُ الْجَحِيمِ 
Dan orang-orang kafir serta mendustakan ayat-ayat Kami, mereka itulah penghuni neraka.


Catatan : tanda [ ] tambahan dari penulis... dialog ini bahasanya diperindah dan diperbagus... dan di indonesiakan sesuai kemampuan penulis..



  
10 robiul awwal 1437 H
ريندرا بن الصادق



و السلام عليكم و رحمة الله و ب ركاته

3 komentar:

  1. Assalamu'alaikum..salam kenal wahai saudaraku.

    Tulisan yang inspiratif dan menarik

    BalasHapus
  2. waalaikumussalam... ahlan wa sahlan

    BalasHapus
  3. Baru tau tulisan ente yang kayak gini Yan.

    BalasHapus