Laman

Minggu, 16 Juli 2017

BEBERAPA TIPS PENUNJANG untuk MENGHAFAL AL-QUR’AN


إن الحمد لله و الصلاة و السلام على نبينا محمد....




    ِAL - ANKABUT : 69. 
dan orang-orang yang berjihad untuk (mencari keridhaan) Kami, benar- benar akan Kami tunjukkan kepada mereka jalan-jalan kami. dan Sesungguhnya Allah benar-benar beserta orang-orang yang berbuat baik.


Di sini gw akan sebutin beberapa tips penunjuang untuk menghafal al-Qur’an yg bukan mainstream (contoh Ikhlas,dll)  ataupun yg biasanya dianggap remeh oleh kebanyakan orang…

1.      Mendahulukan KALAMULLAH daripada kalamulbasyar
Ini adalah yang sering dilupakan kebanyakan manusia. Mereka lebih senang membaca dan meresapi perkataan manusia daripada firman Robb Semesta Alam ini. Mengapa??? Jawab sendiri !!! Bbrp menjawab males krn kalau baca Al-Qur’an butuh wudhu dll.. inilah kesalahan prioritas kebanyakan muslimin.. syubhat2 syaithon semacam ini yang melemahkan mereka.Ketahuilah bahwa jika kita ingin selamat dengan berpegang kepada AL-Qur’an dan As-sunnah.

2.      Mencuri waktu, menjadikan waktu2 sempit itu bermanfaat
Contoh : antara adzan dan iqomah kita manfaatkan untuk menghafal walaupun 1 ayat… waktu perjalanan, atau waktu menunggu seseorang, kita bisa hafalkan 1 ayat atau lebih semampunya… dan ini yg biasa gw lakuin… karena waktu yg mendesak/kepepet lebih memacu kita untuk fokus.. dan cara ini yg sering gw lakuin …

3.      Melatih hafalan untuk apapun yang bermanfaat bagi kita
Contoh : hadits dihafal, pelajaran atau ilmu dunia lainnya juga dihafal. Karena seringnya kita menghafal, secara tidak langsung kita terbiasa menghafal, akhirnya membaca ayat yang kita ingin hafal sekali dua kali bisa hafal, atau bahkan hanya mendengarkan pun bisa, jika sampai terbayang huruf2nya.

4.      Seringnya khatam Al-Qur’an
Seringnya khatam sangat memberi dampak yg positif bagi para penghafal Al-Qur’an, secara tidak langsung mereka terbiasa dengan Kalamullah, dan bahkan sampai tau ciri dan kharakteristik setiap surat.

5.      Belajar Bahasa Arab
Tak dapat dipungkiri bahasa arab adalah penunjang yang sangat baik… Kita lebih cepat menghafal, dan memahami serta lebih lancar dalam membaca… nasehat- nasehat para ustadz yang gw kan pernah lupa.. sedalam apa bahasa arabmu sedalam itulah ilmu dinmu…

6.      Jauhi dan Benci kepada Seruling Setan
Ini factor yg sering dilupakan manusia.. bahwa jelas- jelas music itu HAROM… dan tidak mungkin tilawah Qur’an ini bersatu dengan MUSIC… hanya yg hobi bersama setan yg mengatakan dia makruh atau mubah… lebih lengkapnya lihatlah kitab – kitab yang membahas tentang ini.. sudah sangat banyak… dari yg bhasa arab sampai yg bahasa indo juga ad…

7.      Sering mendengar murottal/datang ke pengajian
Secara tak langsung kita sering menghafal ayat dengan murottal baik yg mujawwad ataupun murottal biasa… Pengajian ??? ya dengan pengajian kita mendapatkan ilmu dan banyak sekali dalil2 dari Qur’an dan Sunnah yang tidak kita hafal, sehingga sering gw terpacu untuk menghafal dalil itu di waktu pengajian tersebut, bahkan bbrapa teman terpacu menghafal suatu ayat krn dia mendengar ayat tersebut diulang2 di majelis tersebut… sbgmn ada seorang sahabat yg menghafal surat Qof krn seringnya mendengar Nabi Shollallahu alaihi wa sallam khutbah jum’ah… haditsnya cari sendiri biar baca kitab hadits.

8.      Jauhi majelis GJ
Kita memang perlu bersosialisasi dan berinteraksi dengan sesama tapi harus dikontrol, jangan berlebih sampai begadang atau waktu hanya habis untuk ahlan2 dengan shohib.. atau bahkan hanya nongkrong cuci mata.

9.      Teman/komunitas
Tak dapat dipungkiri juga bahwa teman dan komunitas berperan dan membantu kita untuk menghafal Kitabullah ini… walaupun gw sendiri di rumah lingkungan gak mendukung keluarga gak semua Islam, tapi gw keluar berusaha mencari teman dan komunitas yang sevisi dan semanhaj sama gw..

10.  Usahakan sering ke Masjid jadikan Sholat sebagai penyejuk mata…
Semua tips di atas bisa dengan mudah kita dapat jika kita sering ke masjid, hati kita terpanah oleh masjid.
Untuk wanita, mungkin bisa ditiru di musholla dirumahnya masing2, untuk lebih lengkap nya gw belum pengalaman.

Tips2 selanjutnya untuk murojaah dll insyaAllah ditulis klo gw gak males n galau.

Note: Dalil-dalil Qur’an dan hadits males nulis, biar cari dan termotivasi untuk Buka Kitabullah dan Kutubussunnah.


Daftar pustaka : PENGALAMAN GW.

الحمد لله رب العلمين


Penullis : Abu ‘Izzabillah Rendra bin Ahmad bin Muhammad Shodiq, Tjioe

3 komentar:

  1. Tulisannya kocak, tapi kalau mau direnungi insyaallah banyak faidahnya. Jazakallahukhair sudah berbagi...

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehhe kocak galau hahahha... berbagi dari pengalaman not bad syekh...

      Hapus
  2. Masya Allah... polos banget tulisannya

    BalasHapus